Teknologi dan Pendidikan
Anggota:
1. Persinggungan antara teknologi dan pendidikan:
Persinggungan bisa kita lihat dari bagaimana pendidikan menggunakan
teknologi sebagai sarana bantu dalam proses belajar, contohnya proses
mengajar di Sekolah Dasar (SD) yang sudah menggunakkan bantuan teknologi
audio visua (video, proyektor) sehingga para murid dapat lebih memahami
bagaimana wujud nyata dari suatu pelajaran. Begitu juga, tingkat SMP
menggunakan teknologi tersebut dalam pelajaran Fisika atau BIologi
sehingga dapat melihat kasus yang terjadi lebih nyata dibandingkan hanya
melihatnya di buku cetak.
Teknologi juga membantu
pendidikan dalam mengarahkan agar siswa-siswi lebih kreatif dan
berwawasan luas.Contohnya adalah internet, apabila siswa diberikan
tugas, siswa dapat mencari di internet, dimana internet berisi begitu
banyak informasi yang dapat memenuhi kriteria jawaban dari tugas
tersebut dan caranya jauh lebih mudah dibandingkan dengan cara belajar
tradisional (hanya mencari di buku misalnya).
Dan penggunaan teknologi lainnya
adalah laboratium bahasa, dimana dengan teknologi ini para murid lebih
nyaman dalam belajar bahasa karena memang ruangannya dilengkapi dengan
fasilitas khusus untuk belajar suatu bahasa.
2. Penggunaan internet berdasarkan grade dan bagaimana perbandingannya dengan di Indonesia, terutama di Medan:
Pada TK-grade 2, murid masih
mulai belajar menggunakkan alat input, buku interaktif, dan pada grade
3-5 para murid sudah menggunakkan keyboard, alat input maupun output
secara efektif, grade 6-8 sudah mengaplikasikan strategi untuk
mengidentifikasi dan memecahkan problem hardware dan software yang
muncul dalam pengunaan sehari-hari. Sedangkan pada grade 9-12 lah sudah
menggunakkan informasi online secara rutin.
Sedangkan di Indonesia,
terutama di Medan dan menurut pengalaman kami sendiri, pengenalan
komputer memang baru dimulai pada grade 3-6 dan belum terlalu
dipergunakan. Pada grade 7 lah baru komputer digunakan secara efektif
dan internet diperkenalkan. Tetapi internet belum dijadikan hal utama.
Pada grade 10-12 lah baik komputer maupun internet digunakan secara
rutin dan efektif.
3. Ubiquitous computing itu apa dan apa yang kita lihat sebagai mahasiswa yang sedang memahami psikologi pendidikan?
Ubiquitous computing adalah dunia pasca-PC dimana akan ada teknologi
lain yang sudah bisa menggantikan PC dimana perangkat tersebut portable dan sudah memiliki internet sehingga kita bisa mengakses informasi dimanapun kita berada tanpa harus menggunakkan PC.
Dan menurut kami hal ini adalah hal yang bagus dalam dunia pendidikan sehingga para siswa akan begitu mudah mencari/mendapatkan informasi dimanapun mereka membutuhkannya. Meskipun di Indonesia kita masih dalam masa transisi, tapi pasti akan ada masa ubiquitous computing itu di Indonesia secara penuh.
Dan menurut kami hal ini adalah hal yang bagus dalam dunia pendidikan sehingga para siswa akan begitu mudah mencari/mendapatkan informasi dimanapun mereka membutuhkannya. Meskipun di Indonesia kita masih dalam masa transisi, tapi pasti akan ada masa ubiquitous computing itu di Indonesia secara penuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar